EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM IMUNISASI DASAR DI PUSKESMAS LUBUK BUAYA

Afrizal Afrizal

Abstract


Program imunisasi merupakan salah satu program untuk melindungi penduduk secara spesifik terhadap Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I). Kejadian Luar Biasa (KLB) Difteri pada tahun 2015 pada wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya paling tinggi (37,5%). Adanya kesenjangan ini menjadi dasar untuk melakukan evaluasi pelaksanaan program imunisasi dasar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif  untuk melakukan evaluasi dari pelaksanaan program imunisasi dasar, dengan metoda wawancara mendalam, FGD, telaah dokumen dan observasi. Pada hasil penelitian diketahui bahwa ketenagaan untuk pelaksanaan imunisasi sudah memadai namun tenaga pelaksana imunisasi belum pernah mengikuti pelatihan khusus imunisasi, dana untuk pelaksanaan program sudah memadai, sarana dan prasarana sudah mencukupi, SOP pelaksanaan imunisasi sudah tersedia. Perencanaan imunisasi berdasarkan acuan dari dinas kesehatan, pelayanan imunisasi dilakukan di dalam dan di luar gedung, masih ada petugas imunisasi yang belum melaksanakan SOP. Pencatatan dan pelaporan  dimulai dari pembina wilayah ke puskesmas kemudian dilanjutkan ke dinas kesehatan. Supervisi dan bimbingan teknis sudah terlaksana dari dinas ke puskesmas, pimpinan puskesmas hanya supervisi secara berkala ke klinik/BPS belum  terlaksana supervisi ke posyandu saat pelaksanaan imunisasi. Cakupan imunisasi  masih belum mencapai target karena faktor pemahaman masyarakat, dan faktor teknis pelaksanaan program. Dari hasil penelitian masih perlu dilaksanakan pelatihan khusus imunisasi bagi tenaga pelaksana imunisasi di lapangan. Diperlukan koordinasi lintas sektoral yang maksimal dengan pemerintahan kecamatan dan kelurahan.


Keywords


Evaluasi, Program Imunisasi Dasar, Puskesmas

Full Text:

PDF

References


Kemenkes RI. (2015). Kesehatan Dalam Kerangka Sustainable Development Goals (SDGs). Jakarta : Kemenkes RI.

Kemenkes RI. (2015). Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019. Jakarta : Kemenkes RI.

Kemenkes RI. (2010). Gerakan Akselerasi Imunisasi Nasional Universal Child Immunization 2010-2014. Jakarta : Kemenkes RI.

Dinkes Sumbar. (2016). Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2015. Padang : Dinkes Sumbar.

Dinkes Padang. (2015). Profil Kesehatan Kota Padang Tahun 2014. Padang : Dinkes Padang.

IDAI. (2011). Panduan Imunisasi Anak. Jakarta : IDAI.

Azwar A. (2010). Pengantar Administrasi Kesehatan. Edisi Ketiga. Jakarta : Binarupa Aksara.

Afriyanti. (2009). Faktor - Faktor yang Berhubungan dengan Cakupan Imunisasi di Kabupaten Tegal. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Sasongko. (2011). Pengaruh Diklat Terhadap Perbedaan Sikap dan Keterampilan Petugas Pengelola Vaksin Program Imunisasi pada Unit Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Cirebon. Semarang : UNS.

Juliani A. (2012). Evaluasi Program Imunisasi Puskesmas di Kota Makasar Tahun 2012. Makasar : Unhas Makasar.

Kemenkes RI. (2013). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 42 Tentang Penyelenggaraan Imunisasi. Jakarta : Kemenkes RI.

Kemenkes RI. (2017). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 12 Tentang Penyelenggaraan Imunisasi. Jakarta : Kemenkes RI.

Zakiyah, Utami S, Sandra C. (2013). Hubungan antara Peran Petugas Kesehatan dengan Cakupan Imunisasi per Antigen Tingkat Puskesmas di kabupaten Jember. Jember : Universitas Jember.

Hutagaol. (2012). Komunikasi Petugas Kesehatan Dalam Kegiatan Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Muara Siberut Kabupaten Mentawai. Jurnal Kesehatan Masyarakat Vol.6 No.2

Yulianti. (2010). Faktor – faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Petugas terhadap SOP Imunisasi pada Penanganan Vaksin Campak.

Kristini T. (2008). Faktor-Faktor Resiko Kualitas Pengelolaan Vaksin Program Imunisasi yang Buruk di Unit Pelayanan Swasta (Studi Kasus di Kota Semarang. Semarang : Universitas Diponegoro.

Pracoyo, Rabea P, Puspandari N, Bagus W. (2013). Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap Pengelola Vaksin dengan Skor Pengelolaan Vaksin di Daerah Kasus Difteri di Jawa Timur. Jakarta : Balitbang Kemenkes.

Depkes RI. (2009). Pedoman Pengelolaan Vaksin. Jakarta : Depkes RI.

Ifadhotul A. (2009). Evaluasi Pelaksanaan Fungsi Manajemen Kegiatan Program Imunisasi Bayi dan Ibu Hamil di Puskesmas Kabupaten Bangkalan Madura Tahun 2009. Surabaya : Universitas Airlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v5i3.859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats