PERILAKU SEHAT PESERTA BUKAN PENERIMA UPAH (PBPU) PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN)

Ririk Harlinisari

Abstract


Jaminan kesehatan nasional (JKN) merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan kesehatan masyarakat sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945. Namun, program ini menurunkan upaya kesehatan masyarakat dengan peningkatan kunjungan rawat jalan pada kelompok PBPU. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis perilaku sehat peserta JKN di wilayah kerja Puskesmas Mulyorejo Kota Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini sejumlah 24 orang, 19 orang merupakan informan kunci dan 5 orang adalah informan triangulasi yang dipilih dengan purposive sampling. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan informan memilih kelas 2 dan 3 pada program JKN. Respon dari kepesertaan jaminan kesehatan nasional menunjukkan respon yang negatif. Masyarakat meningkatkan perilaku pengobatan dan penurunan perilaku sehat masyarakat setelah menjadi peserta JKN. Perilaku sehat yang menurun adalah makan buah dan sayur, aktifitas fisik, pengelolaan stres dan istirahat yang cukup. Kesimpulan penelitian ini adalah peningkatan upaya masyarakat untuk mendapatkan layanan kuratif berupa pengobatan resep dokter dan tidak mengeluarkan biaya tambahan selain iuran bulanan. Hal ini terjadi karena masyarakat merasa sudah membeli JKN dan rugi jika tidak memanfaatkannya. Penurunan perilaku sehat terjadi karena masyarakat merasa tidak mampu, tidak memiliki waktu serta tidak memiliki biaya.


References


Aswantini., M, Noveria., dan Fitranita. 2008. Konsumsi Sayur dan Buah di Masyarakat Dalam Konteks Pemenuhan Gizi Seimbang. Jurnal. Pusat Penelitian Kependudukan - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPK-LIPI) : Jakarta

Darmawati, N., 2007. Hubungan antara keanggotaan asuransi kesehatan dan kebiasaan merokok. Tesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dave, D., R, Kaestner., 2009. International Journal of Health Care Finance and Economics. [e-book]. Tersedia di : https://link.springer.com/article/ 10.1007/s10754-009-9056-4.

Debra, S., J, Rumengan., G, Umboh., dan D, Kandou., 2015. Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan kesehatan pada BPJS Kesehatan di Puskesmas Paniki Bawah Kecamatan Mapanget Kota Manado. Skripsi. Universitas Sam Ratulangi : Manado.

Djuhaeni, H,. S, Gondodiputro,. E. dan P, Setiawati,. 2010. Potensi Partisipasi Masyarakat Menuju Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Dalam Rangka Ubiversal Coverage di Kota Bandung. Jurnal. Universitas Padjadjaran : Bandung.

Finkelstein, A., 2014. Moral Hazard in Health Insurance. Columbia University Press : New York.

Hunaepi, A., 2015. Implementasi Kepesertan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi Kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)di Kabupaten Lebak. Skripsi. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa : Serang.

Ika, S. P., dan C, Maharani., 2015. Analisis Sikap Pekerja Informal Non PBI yang Belum Terdaftar Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) 2014 di Kabupaten Brebes. Jurnal. Universitas Negeri Semarang : Semarang.

Kusuma, N., 2017. Analisis Pengaruh Kepemilikan BPJS Kesehatan terhadap Perilaku Sehat Peserta di Kota Surabaya. Karya Tulis. Universitas Airlangga : Surabaya

Melinda, A., dan S, Antono., 2016. Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Minat Masyarakat Dalam Keikutsertaan Bpjs Mandiri Di Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo. Jurnal. Universitas Diponegoro : Semarang

Mohamad, K., 2012. Perokok dan asuransi kesehatan. Tersedia di : http://www.tcsc-indonesia.org/ perokok-dan-asuransi-kesehatan/ [10 Mei 2017].

Nasrul, E., 1998. Dasar-dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat. Jakarta : EGC.

Notoadmojo, S., 2007. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Cetakan 2. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Notoadmojo, S., 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta

Notoadmojo, S., 2014. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Nursafa, A,. 2015. Faktor yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pasien BPJS Kesehatan di Wilayah Kerja Jumpandang Baru, Kota Makasar. Skripsi. Universitas Hasanudin : Makasar.

Ogden, J., 2007. Health Psychology a textbook Fourth Edition. England : Open University Press.

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 64 Tahun 2016 Tentang Tarif Pelayanan dalam Jaminan Kesehatan Nasional.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2016 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jaminan Kesehatan Nasional. Tersedia di : http://www.jkn.kemkes.go.id diakses : [ 3 Mei 2017].

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2013. Buku pegangan sosialisasi Jaminan kesehatan nasional (JKN) Dalam sistem jaminan sosial nasional. Jakarta.

Purnamaningrum, A., 2010. Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Perilaku Masyarakat Untuk Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Mata. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Ramadhani, Y., 2008. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Olahraga dalam Perencanaan Sport Center di Semarang. Jurnal. Universitas Diponegoro : Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v5i4.876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats