HUBUNGAN STATUS PERNIKAHAN DAN KEPEMILIKAN KONDOM DENGAN PENGGUNAAN KONDOM PADA PASANGAN TIDAK TETAP PENGGUNA NAPZA SUNTIK DI 4 KOTA DI INDONESIA

sugiarto sugiarto

Sari


Konsistensi penggunaan kondom pada Penasun masih rendah. Menurut Laporan STBP 2013, konsistensi penggunaan kondom pada Penasun sebesar 17% pada pasangan tetap, 17% pasangan tidak tetap dan 16% pasangan komersial. Penelitian ini bertujuan untuk melihat determinan penggunaan kondom pada Penasun di 4 Kota di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data STBP Penasun tahun 2013. Cara pengambilan sampel STBP Penasun adalah Responden Driven Sampling (RDS). Analisis data secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan proporsi penggunaan kondom pada saat berhubungan seks dengan pasangan tidak tetap sebesar 17%. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara status pernikahan (OR=0,2; 95% CI=0,1-0,6), kepemilikan kondom (OR=6,6; 95% CI=2,4-18,2) dengan penggunaan kondom pada pasangan tidak tetap pengguna napza suntik di 4 Kota di Indonesia. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepemilikan kondom merupakan faktor risiko penggunaan kondom pada pasangan tidak tetap pengguna napza suntik. Responden yang tidak memiliki kondom memiliki peluang 6,6 kali lebih tinggi tidak menggunakan kondom jika dibandingkan dengan responden yang memiliki kondom.


Kata Kunci


Penasun, Penggunaan Kondom

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Badan Narkotika Nasional, (2015). Profil Laporan Badan Narkotika Nasional Tahun 2015. Jakarta

Depkes, RI, (2007). Survei Terpadu Biologis Perilaku Pada Kelompok Berisiko Tinggi, 2007 (STBP). Jakarta

Kemenkes. RI, (2014). Laporan Hasil Survei Terpadu Biologis dan Perilaku tahun 2013. Jakarta: Dirjen P2PL

KPAN, (2009). Analisis Situasi HIV&AIDS di Indonesia. Outline KPA on ICAAP9. Jakarta

Martono, L Harlina, Satya Joewana, (2006). Modul Latihan Pemulihan Pecandu Narkoba Berbasis Masyarakat. Jakarta: Balai Pustaka.

Silawati, Vivi, (2010). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan Komdom Pada Gay Di Jakarta Tahun 2010. Thesis. FKM UI. Depok

Tambunan, Kamil, Prapthoraharjo, Erlan, & Irwanto, (2010). Jaringan Seksual dan Penggunaan Napza pada Pengguna Napza Suntik di Propinsi. Unika Atma Jaya: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Zani, Andri Y, Prima, (2004). Potensi Penyebaran HIV dari Pengguna Napza Suntik ke Masyarakat Umum di Jakarta. Thesis. Depok: FKM UI.




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v3i1.97

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##