PENGARUH PROMOSI DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA JASA EVENT ORGANIZER PT. KREATIF KOMUNIKA PERSADA INDONESIA

Hilda Monika Monika, Fhajri Arye Gemilang, Aga Arye Perdana

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Promosi dan Word of Mouth (WOM) terhadap Keputusan Pembelian Jasa Event Organizer PT. Kreatif Komunika Persada Indonesia. Dalam konteks industri penyelenggara acara yang semakin kompetitif, pemahaman mendalam tentang faktor-faktor yang mendorong keputusan pembelian sangat penting untuk kesuksesan bisnis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan PT. Kreatif Komunika Persada Indonesia. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei terhadap sampel konsumen yang pernah menggunakan jasa event organizer dalam 1 bulan terakhir. Analisis regresi berganda digunakan untuk menilai sejauh mana promosi dan promosi dari mulut ke mulut mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi memberikan dampak positif yang signifikan, sedangkan word ofmouth juga berperan penting sebagai faktor pengaruh yang kuat.

Kata Kunci : Promosi, Word of Mouth, Keputusan Pembelian

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh promosi dan word of mouth (WOM) terhadap Keputusan pembelian pada jasa event organizer PT. Kreatif Komunika Persada Indonesia. Dalam konteks industri event organizer yang semakin kompetitif, pemahaman mendalam tentang faktor-faktor pendorong Keputusan pembelian menjadi krusial bagi keberhasilan bisnis. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan PT. Kratif Komunika Persada Indonesia. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei terhadap sampel konsumen yang pernah menggunakan jasa event organizer 1 bulan terakhir. Analisis regresi berganda digunakan untuk menilai sejauh mana promosi dan word of mouth mempengaruhi Keputusan pembelian konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi memiliki dampak positif yang signifikan, sementara word of mouth juga memainkan peran penting sebagai faktor pengaruh yang kuat.

Kata Kunci: Promosi, word of mouth, Keputusan pembelian



Full Text:

PDF

References


Afif, M., Suminto, A., & Mubin, A. F. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Word of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Di Toko Buku La Tansa Gontor). Journal of Islamic Economics (JoIE), 1(2), 111-133.

https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/joie/article/view/3206

Ali, K. (2020). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Wedding Organizer (Studi Pada Konsumen Art Project Lampung di Kecamatan Trimurjo Lampung Tengah). Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 1(2). https://jurnal.umitra.ac.id/index.php/JMB/article/view/453

Genda, N. P. T., & Sastika, W. (2019). Analisis Pengaruh Harga Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Omg Event Asia Kota Bandung Tahun 2019. eProceedings of Applied Science, 5(2). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/10058

Husin, R., Elina, M., & Maharani, T. P. (2021, November). Analisis Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Wedding Organizer Ahsya Management Di Bandar Lampung. In Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis (Vol. 1, No. 1, pp. 8-13). https://jurnal.saburai.id/index.php/FEB/article/view/1417

Joesyiana, Kiki. (2018). Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada media online shop shopee di pekanbaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, 4(1), 2502-1419.https://scholar.google.co.id/scholar?q=pengaruh+word+of+mouth+terhadap+keputusan+pembelian+konsumen+pada+media+online+shopee+pekanbaru&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart

Lie, G., & Wenas, R. S. (2017). Pengaruh Bauran Promosi dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sparkle The Organizer Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(3). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/18063

Paputungan, P. R., Soegoto, A. S., & Roring, F. (2018). Pengaruh Promosi dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di Oriflame Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/21896

Pebriyanti, N. K. L., Hartati, P. S., & VS, N. N. A. A. (2022). Pengaruh Promosi Online dan Electronic Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 2(1), 73-81. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyaamrita/article/view/1750

Pinaraswati, S. O. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Reputasi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pengguna Jasa Wedding and Event Organizer di Surabaya. https://journal.unigres.ac.id/index.php/GemaEkonomi/article/view/1466

Prasetiyo, B., & Hidayat, T. (2019). Pengaruh Promosi Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Xyz Donut. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi (JPENSI), 4(1), 937-952. http://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpensi/article/view/218

Repie, F. A. (2020). Pengaruh Komunikasi Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Famouz Creation Event Organizer (Doctoral dissertation, Unika Soegijapranata Semarang). http://repository.unika.ac.id/25347/

Sri Utami, S. (2021). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Wedding Organizer Syaqia Pesta (Studi Kasus pada Masyarakat Desa Perawang Kabupaten Siak) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). http://repository.uin-suska.ac.id/49820/

Utomo, Y. T., & Salsabila, A. (2021). Pengaruh Promosi, Produk, Dan Event Terhadap Keputusan Beli Konsumen Islamic Book Fair Syakaa Organizer. VALUTA, 7(1), 27-36. https://journal.uir.ac.id/index.php/valuta/article/view/6822

Wulanda, N., Wahab, Z., & Widad, A. (2019). Pengaruh harga, word of mouth dan citra merek terhadap keputusan pembelian dalam memilih event organizer (Studi kasus di Un Production). Journal of Management and Business Review, 16(1), 43-70. https://scholar.archive.org/work/64pzehove5d43jdupxmtzaepye/access/wayback/https://jmbr.ppm-school.ac.id/index.php/jmbr/article/download/139/artikel3Vol16no1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Business and Technology Journal
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia
© Business Technology Journal e-ISSN: P-ISSN: