PENYULUHAN TENTANG APOTIK HIDUP DI PONDOK PESANTREN SUMATERA THAWALIB PARABEK, BUKITTINGGI

Shantrya Dhelly Susanty

Abstract


Pendahuluan: Permasalahan resistensi obat konvensional, membuat tanaman obat menjadi sangat popular digunakan sebagai bahan baku obat tradisional dan jamu yang digunakan dalam menjaga kesehatan. Akan tetapi pemanfaatan tanaman obat belum dilakukan secara maksimal, hanya 0,2% lahan yang dimanfaatkan untuk produksi tanaman obat.

Metode: Kegiatan yang digunakan dalam program pengabdian masyarakat ini berupa Penyuluhan Tentang Apotik Hidup Di Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek, Bukittinggi. Monitoring dan evaluasi diperoleh dari hasil observasi dan kuisioner yang diberikan kepada peserta.

Hasil: Dari hasil monitoring kegiatan berjalan dengan baik dan lancar dengan dukungan dari guru dan antusias siswa, serta farktor penghambat yaitu waktu dan ruangan. Dari hasil evaluasi menggunakan statistik univariat, diperoleh 39% peserta memiliki pengetahuan baik dan 61% peserta memiliki pengetahuan cukup.

Kesimpulan: Kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar. Ketercapaian target pengetahuan siswa Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek tentang apotik hidup 39%.


Full Text:

PDF

References


Balitbangkes. 2017. Jamu Saintifik : Suatu lompatan Ilmiah Pengembangan Jamu, Cetakan Pertama. Karanganyar: B2P2TOOT.

Balitbangkes. "Riset Kesehatan Dasar". Kementrian Kesehatan RI. 7th November 2018.

BPS. 2018. Statistik Tanaman Biofarmaka. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

CDC. March 13th. 2020. " Antibiotic / Antimicrobial Resistance (AR / AMR)". Available on website: https://www.cdc.gov/drugresistance/index.html.

Harjono, Yanti, et. al. "Penyuluhan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga dan Penanaman Tanaman Obat Keluarga di Kampung Mekar Bakti 01/01, Desa Mekar Bakti Kabupaten Tangerang ". Jurnal Pengabdian Masyarakat Ruwa Jurai. Vol. 3 No. 1. Desember 2017. Pp. 16-22.

Hasan, Hasmiana. "Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Matematika Di Sd Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar". Jurnal Pesona Dasar. Vol. 1 No. 4. Oktober 2015. Pp. 40-51.

Murdaningsih, Dwi. December 14th. 2016. “Indonesia Miliki 14 Juta Hektare Lahan Tidur”. Available on website: https://republika.co.id/berita/ekonomi/makro/16/12/14/oi6jqs368-indonesia-miliki-14-juta-hektare-lahan-tidur.

Neng, Rohimah, et. al. "Penyuluhan Tentang Senam Hipertensi Di Kp.Sukadanuh RT02 RW10 Desa Linggamukti Kecamatan Sucinaraja". Jurnal Pengabdian Masyarakat Dalam Kesehatan. Vol. 2 No. 2. Oktober 2018. Pp. 1-3.

Nurmala, Ira, et. al. 2018. Promosi Kesehatan, Cetakan Pertama. Surabaya: Airlangga University Press.

Qomariah, Retna & Lesmayati, Susi. July 20th. 2020. " Budidaya Tanaman Obat Di Lahan Pekarangan (Herbal Potensial untuk Meningkatan Sistem Imun Tubuh)". Available on website: http://kalsel.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php?option=com_content&view=article&id=933:administrator&catid=14:alsin&Itemid=43.

Rahmawati, Aryani Intan Endah, et. al. " Sosialisasi, penyuluhan, penanaman, dan pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA)". Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. 3 No. 3. Desember 2019. Pp. 389-394.

Salim, Z., & Munadi, E. 2017. Info Komoditi Tanaman Obat. Jakarta: Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowering Society Journal
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia
© Empowering Society Journal e-ISSN: 2775-2402