PKMS PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN DAN RUANG TERAPI (MIRACLE KIDS) BERBASIS TEKNOLOGI BAGI TENAGA DIDIK ANAK SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 BUKITTINGGI

rina mariyana, cory febrina, allans prima aulia

Abstract


Anak kebutuhan khusus sangat terbatas dalam akses informasi kesehatan hal ini menjadi penyebab anak mengalami berbagai macam gangguan baik secara fisik maupun secara biologis. Keterbatasan pengetahuan pendidik anak di seolah SLB juga mengakibat kan kurang nya informasi anak SLB dan orang tua mengenai kesehatan anak nya. Tenaga Pendidik dengan Anak dengan kebutuhan khusus memerlukan berbagai informasi mengenai pembuatan media animasi vidio pembelajaran dan Ruang terapi bermain demi menunjang pembelajaran via daring. Metode: Metode kegiatan yang dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan sekaligus meniali kemampuan guru dalam membuat vidio animasi dan terbentuk ruang bermain anak Hasil: hasil dari kegiatanmeningkat pengetahuan guru mengenai pembuatan vidio animasi dan bermain pada anak dengan kebutuuhan khusus. Simpulan: pelatihan dan workshop dapat berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan tenaga pendidik SLB Negeri 1 Bukittinggi.

Full Text:

PDF

References


Batubara, H. H. and Batubara, D. S. (2020) ‘Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona’, Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), p. 21. doi: 10.31602/muallimuna.v5i2.2950.

Chaturvedi, K., Vishwakarma, D. K. and Singh, N. (2020) ‘Since January 2020 Elsevier has created a COVID-19 resource centre with free information in English and Mandarin on the novel coronavirus COVID- 19 . The COVID-19 resource centre is hosted on Elsevier Connect , the company ’ s public news and information ’, (January).

Purwati Yuni Rahayu, Kuswor, Nasmal Hamda, Heri Indra Gunawan, F. J. (2021) ‘Penerapan Video Pembelajaran Berbasis Android Di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), pp. 1–10. Available at: http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Pekomas/article/view/9648.

Putro, D., Mahardika, G. P. and Yulinar, D. (2020) ‘Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) di SD Islam An-Nuriyah’, Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, pp. 1–8. Available at: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit%0AE-ISSN:

Ridha, M., Firman and Desyandri (2021) ‘Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), pp. 154–162. Available at: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/925.

Sumanto, Y. and Sadewo, Y. D. (2021) ‘Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Sd Negeri Sojopuro Dalam Masa Covid-19’, Journal of Education Learning and Innovation (ELIa), 1(1), pp. 01-14. doi: 10.46229/elia.v1i1.237.

Warmadewi, A., Kardana, I. N. and ... (2020) ‘Penggunaan Video Ajar Dalam Proses Pembelajaran Online’, Community Services Journal (CSJ), 3(1), pp. 25–28. Available at: https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/csj/article/view/2870.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowering Society Journal
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia
© Empowering Society Journal e-ISSN: 2775-2402