EDUKASI MENGENAI PENTINGNYA EVIDANCE BASED PRACTICE (EBP) DALAM KEPERAWATAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA

ERIAN FATRIA, Febrian Rahmat Suswandi SN

Abstract


Latar belakang pengabdian masyarakat ini dikaitkan dengan rendahnya pengetahuan mengenai evidance based practice dalam keperawatan. Padahal penggunaan bukti dalam keperawatan sangat berguna untuk mengupdate informasi kesehatan yang baru untuk membuat keputusan klinis dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Tujuan pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai evidance based practice dalam asuhan keperawatan  dengan memanfaatkan media pembelajaran Canva. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah metode kuantitatif dengan melibatkan 30 mahasiswa keperawatan di Universitas Prima Nusantara Bukittinggi yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yang digunakan untuk mendapatkan data pengukuran pengetahuan mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan edukasi mengenai pentingnya evidance based practice dengan menggunakan media pembelajaran Canva. Hasil yang didapatkan dari pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah terdapat perbedaan pengetahuan mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan edukasi mengenai evidance based practice dengan menggunakan media pembalajaran Canva. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah penggunaan media pembelajaran seperti Canva efektif dalam meningkatkan pengetahuan evidance based practice mahasiswa, sehingga para dosen dapat mempertimbangkan penggunaan media ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Belden, C. V, Leafman, J., Nehrenz, G., & Miller, P. (2012). The Effect of Evidence-Based Practice on Workplace Empowerment of Rural Registered Nurses. Online Journal of Rural Nursing and Health Care, 12(2), 64–76. https://doi.org/https://doi.org/10.14574/ojrnhc.v12i2.87

Bissett, K. M., Cvach, M., & White, K. M. (2016). Improving competence and confidence with evidence-based practice among nurses. Journal for Nurses in Professional Development, 32(5), 248–255. https://doi.org/10.1097/NND.0000000000000293

Carlson, E. A. (2010). Evidence-Based Practice for Nurses: Appraisal and Application of Research. In Orthopaedic Nursing (29th ed., pp. 283–284).

Dewi, K. R. K., Harini, N. N. P., & Yoga, P. A. A. (2023). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Promosi Kreatif dan Inovatif Pada Era Digital. Prospek, 2(2). https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/2626

Fatria, E. (2023a). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Canva Pada Perkuliahan Sanitasi Makanan Dan Minuman Di Program Studi Kesehatan Masyarakat , Universitas Prima Nusantara Bukittinggi ( 2023 ). Jurnal Sains Boga, 6(2), 71–84. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JSB.006.2.04

Fatria, E. (2023b). Perbedaan Pengetahuan Mahasiswa Tentang Kesehatan Tempat-Tempat Umum Dan Pariwisata Dengan Menggunakan Strategi Project Based Learning Dan Strategi. Human Care Journal, 8(3), 481–495. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.32883/hcj.v8i3.2634

Fatria, E., Rahmat Suwandi SN, F., & Fadhani, M. (2023). Sosialisasi Pendidikan Dalam Keperawatan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Bagi Mahasiswa. Empowering Society Journal, 4(2), 125–139. https://ojs.fdk.ac.id/index.php/ESJ/article/view/2597/pdf

Harun, H., Herliani, Y. K., & Setyawati, A. (2019). Pengetahuan, Sikap Dan Kesiapan Mahasiswa Program Profesi Ners Dalam Penerapan Evidence Based Practice. Jurnal Perawat Indonesia, 3(2), 117–122. https://doi.org/https://doi.org/10.32584/jpi.v3i2.309

Legita, T. (2012). Pengetahuan, Sikap dan Kesiapan Perawat Klinisi Dalam Implementasi Evidence-Base Practice. NERS Jurnal Keperawatan, 8(1), 84. https://doi.org/10.25077/njk.8.1.84-97.2012

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Pranata, L., Surani, V., Suryani, K., & Fari, A. I. (2023). Pemahaman Karya Ilmiah Akhir Ners ( Kian ) Berbasis Evidence Based Practice in Nursing. Jurnal Kesehatan Dan Pembangunan, 13(26), 174–178.

Rahayu, S., & Fajarini, M. (2020). Edukasi, Pelatihan Evidence-Based Practice In Nursing, dan Evaluasi Pelaksanaan 7 (Tujuh) Benar Pemberian Obat. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 2(1), 44. https://doi.org/10.36565/jak.v2i1.92

Rahmayanti, E. I., Kadar, K. S., & Saleh, A. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kesiapan Perawat Dalam Melaksanakan Evidence-Based Practice (EBP): A Literature Review. Jurnal Keperawatan, 10(1), 23–32. https://doi.org/10.22219/jk.v10i1.6383

Safitri, L. E., Agustikawati, N., & Adekayanti, P. (2022). Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Pembuatan Media Promosi Kesehatan. Jurnal Pengabdian Ilmu Kesehatan, 2(2), 22–27. https://doi.org/10.55606/jpikes.v2i2.267

Saunders, H., & Vehviläinen-Julkunen, K. (2017). Nurses’ Evidence-Based Practice Beliefs and the Role of Evidence-Based Practice Mentors at University Hospitals in Finland. Worldviews on Evidence-Based Nursing, 14(1), 35–45. https://doi.org/10.1111/wvn.12189

Skaggs, M. K. D., Daniels, J. F., Hodge, A. J., & DeCamp, V. L. (2018). Using the Evidence-Based Practice Service Nursing Bundle to Increase Patient Satisfaction. Journal of Emergency Nursing, 44(1), 37–45. https://doi.org/10.1016/j.jen.2017.10.011

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Zakiyah, A., Maryani, L., Iswati, & Mahundingan, R. . (2023). Evidence Based Practice Budaya Keselamatan Pasien. In N. Saudah (Ed.), Handbook of Library Training Practice and Development: Volume Three (1st ed., Vol. 3). Nuansa Fajar Cemerlang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Empowering Society Journal
Diterbitkan oleh LPPM Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia
© Empowering Society Journal e-ISSN: 2775-2402