LITERATURE REVIEW: KUALITAS UDARA DI KAWASAN INDUSTRI DI BERBAGAI LOKASI DI INDONESIA

Meilya Dwi Safira, Achmad Syafiuddin, Abdul Hakim Zakkiy Fasya, Budhi Setianto

Abstract


Kualitas udara di Indonesia menduduki peringkat 1 Asia Tenggara dengan rata-rata PM2,5 yakni sebesar 40,8 (µg/m³) tepatnya berada di kota Tangerang dengan kategori tidak sehat bagi orang yang sensitif terhadap kualitas udara yang buruk. Salah satu penyumbang polutan udara ini adalah dari aktivitas proses produksi di industri. Maka penelitian ini dibuat bertujuan untuk mereview hasil penelitian kualitas udara di kawasan industri yang telah dilakukan di berbagai lokasi di Indonesia.

Metode yang digunakan dalam penulisan literature review ini adalah traditional literature review. Database yang digunakan yaitu google schoolar dalam rentang tahun 2017-2021. Artikel literature review yang diperoleh telah dilakukan tahap screening dengan kriteria yang telah ditetapkan. Setelah melalui tahap screening didapatkan total 25 artikel rujukan yang membahas sesuai dengan topik pembahasan.

Hasil penelitian terdapat 6 industri dari tahun 2017-2021 memiliki konsentrasi yang melebihi melebihi baku mutu udara ambien, yaitu industri di Kabupaten Bandung, industri semen ‘X’ di Cilegon-Banten, industri tahu Sidoarjo, industri peleburan aluminium Jombang, industri minyak goreng, dan kawasan indsutri Gresik. Jenis polutan udara di kawasan industri pada umumnya adalah PM2,5, PM10, TSP, CO2, NO2, NOX, SO2, NH3, dan debu. Dampak polutan udara terhadap kesehatan masyarakat dapat mengakibatkan penurunan kualitas lapisan musin tear film, gangguan faal paru (retriksi), keluhan saluran pernapasan (susah bernapas, batuk dan panas disertai pilek). Pengendalian pencemaran udara di kawasan industri menggunakan rancangan green belt (sabuk pengaman hijau), menggunakan alat pengendali wet scrubber jenis venturi. Kesimpulan pada penelitian ini didapatkan 8 lokasi industri di berbagai lokasi di Indonesia yang diteliti.

 

Kata Kunci: Kualitas udara, kawasan industri, polutan udara


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32883/jph.v9i2.1988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL PUBLIC HEALTH
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Jurnal Public Health  P-ISSN : 2407 - 2664