EFEKTIFITAS EKSTRAK BUAH APEL HIJAU (MALLUS SYLVESTRIS MILL) TERHADAP KADAR KOLESTEROL TOTAL MENCIT (MUS MUSCULUS)

Loly Novita Winas, Neila Sulung, Billy Harnaldo Putra

Abstract


Kolesterol dalam makanan yang kita makan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, sejauh pemasukan ini masih seimbang dengan kebutuhan, tubuh kita akan tetap sehat. Akan tetapi sangat disayangkan dimana kebanyakan dari kita memasukan kolesterol lebih dari yang kita butuhkan yaitu dengan makanan yang mengandung lemak kaya akan kolesterol dalam jumlah yang berlebihan. Kelebihan tersebut kemudian bereaksi dengan zat-zat lain dan mengendap dalam pembuluh darah arteri, sehingga menyebabkan penyempitan darah dan pengerasan yang dikenal dengan aterosklerosis. Tujuan Penelitian ini mengetahui efektifitas ekstrak apel hijau terhadap penurunan kadar kolesterol total mencit dengan Jenis penelitian True Experimental Design dengan rancangan Posttest Only Control Design. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisa univariate dan bivariate dengan menggunakan Uji T-Test One Way Anova. Sampel pada penelitian ini sebanyak 16 ekor mencit mus musculus dengan 4 kelompok. Hasil penelitian didapatkan rata-rata kolesterol mencit pada kelompok yang diberikan apel hijau dosis I yaitu 197,57 mg/dl. Sedangkan rata–rata kolesterol mencit pada kelompok yang diberikan apel hijau dosis II yaitu 195,40 mg/dl. Dan rata–rata kolesterol mencit pada kelompok yang diberikan apel hijau dosis III yaitu 175,60 mg/dl. Kesimpulan pemberian ekstrak apel hijau menunjukkan adanya perbedaan yaitu antara dosis I, II dan III mengalami penurunan setelah perlakuan. Disarankan kepada penderita hiperkolesterolemia dan masyarakat untuk mengkonsumsi apel hijau agar kadar kolesterol darah tidak melebihi angka normal dan terhindar dari hiperkolesterolemia. 


Full Text:

PDF

References


Anggraini D.I, Kusuma E.W. 2017. Uji Potensi Fraksi Etil Asetat Kulit Buah Apel Hijau (Pyrus Malus L.) Terhadap Penurunan Kadar Kolesterol Secara In Vitro. Prodi Farmasi. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional.

Annies. 2015. Kolesterol dan Penyakit Jantung Koroner Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ariani, Sofi (2016). Stop Gagal Ginjal dan Gangguan Ginjal Lainnya. Yogyakarta: Istana Media.

Barale C.,dkk. 2018. Simvastatin Effects on Inflammation and Platelet Activation Markers in Hypercholesterolemia. BioMed Research International.1(5)

Djamaludin D, Tabrani.M. 2020. Pengaruh Jus Jambu Biji Dan Jus Apel Hijau Terhadap Penurunan Kadar Kolesterol. Holistik Jurnal Kesehatan.14(3).

Fairuzya A.Z. 2016. Pengaruh Pemberian Ekstrak Apel (Malus Sylvestris Mill) Terhadap Kadar Low Density Lipoprotein Pada Mencit (Mus Musculus). Fakultas Kedokteran. Universitas Sebelas Maret.

Hariadini A.L,dkk. 2020. Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Ketepatan Penggunaan Obat Simvastatin pada Pasien Hiperkolesterolemia di Apotek Kota Malang. Pharmaceutical Journal Of Indonesia. 5(2): 91-96.

Luo J,dkk. 2019. Mechanisms And Regulation Of Cholesterol Homeostasis. Nature Reviews Molecular Cell Biology. 225-245.

Maheswari V. 2020. Phytochemicals effective in lowering Low-Density Lipoproteins. Journal of Biological Engineering Research and Review. 7(1): 16-23.

Mumpuni Y., Wulandari A., 2011. Cara Jitu Mengtasi Kolesterol. Yogyakarta: Andi.

Murray, Robert K, et al. 2009. Biokimia Harper Ed.27. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Nelwan, Gabriel dkk. 2012. Pengaruh Jus Buah Apel Merah (Pyrus malus L) terhadap Kadar Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) Darah Tikus Putih Jantan Galur Wistar (Rattus norvegicus). Program Studi Farmasi FMIPA UNSRAT Manado.

Riset Kesehatan Dasar. (2013). Riskesdas. Badan Penelitian dan Pengembangan kesehatan Kementrian kesehatan RI.

Riset Kesehatan Dasar. (2018). Riskesdas. Badan Penelitian dan Pengembangan kesehatan Kementrian kesehatan RI

Sutrisno D, Panda AL, Ongkowijaya J. Gambaran Profil Lipid Pada Pasien Penyakit Jantung Koroner. Jurnal e-Clinic. 2015; 3(1): 420-427.

Tenore G.C,dkk. 2016. Annurca (Malus pumila Miller cv. Annurca) Apple As A Functional Food For The Contribution To A Healthy Balance Of Plasma Cholesterol Levels: Results Of A Randomized Clinical Trial. Journal Science of Food.97




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/jph.v10i1.2565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL PUBLIC HEALTH
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Jurnal Public Health  P-ISSN : 2407 - 2664