EFEKTIFITAS PEMBERIAN MINYAK ZAITUN DAN EKSTRAK KENTANG TERHADAP PEMUDARAN STRETCH MARK PADA IBU NIFAS

Sari Ida Miharti, Adelia Fitrishia

Abstract


Stretch Mark adalah guratan yang terjadi pada kulit melebihi batas elastisitasnya. Berdasarkan survey awal yang dilakukan pada 10 ibu nifas mengaku bahwa tidak mengetahui bahwa Minyak Zaitun Dan Ekstrak Kentang dapat memudarkan Stretch mark . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Efktifitas Pemberian Minyak Zaitun Dan Ekstrak Kentang Terhadap Pemudaran Stretch Mark Pada Ibu Nifas Di Wilayah Kerja Puskesmas Guguk Panjang Kota Bukittinggi Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling sebanyak 10 kelompok intervensi Minyak Zaitun dan 10 kelompok intervensi Minyak Zaitun Dan Ekstrak Kentang dimulai dari bulan Desember 2019 dengan intervensi 4 minggu. Data diolah dengan wilcoxon. Hasil penelitian ini didapatkan rata-rata diberikan Minyak Zaitun 11,50 , rata-rata diberikan Minyak Zaitun Dan Ekstrak Kentang 9,50. Dan hasil analisis didapatkan p value 0,005 artinya ada pengaruh Minyak Zaitun Dan Ekstrak Kentang terhadap pemudaran stretch mark. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh Minyak Zaitun Dan Ekstrak Kentang terhadap pemudaran stretch mark lebih banyak dari pada Minyak Zaitun. Diharapkan responden untuk menggunakan Minyak Zaitun Dan Ekstrak Kentang sebagai salah satu alternatif untuk membantu memudarkan stretch mark pada ibu nifas.


Full Text:

PDF

References


Aprillia Y. 2010. Hipnostetri : rileks, nyaman, dan aman saat hamil & melahirkan. Jakarta: Gagas Media.

Ariesti, sunnah, novaritasari. (2014). The Effectiveness Test Of Squeezed Gel Formuation Of Potato (Solanum Tuberosum L.) Toward Times Of Burn Wound Healing In Male White Rabbit.

Fransisca Devi Dewi. (2017). Pemanfaatan masker tepung kentang sebagai masker untuk perawatan kulit wajah bekas jerawat.

Hari sari neng. (2015). Penggaruh Penggunaan Lulur Zaitn Terhadap Perawatan Kulit Tubuh

Janiwarty, Bethsaida & Pieter, Herry Zan. 2013. Pendidikan Psikologi Untuk Bidan Suatu Teori Dan Terapannya. Yogyakarta: Rapha Publishing.

Jannah, Nurul. 2012. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Kehamilan. Yogyakarta:ANDI

Lubis, Thaufik, Widyawati, dan Suhartono. (2015). The Effectiveness of Olive Oil and Virgin Coconut Oil (VCO) Topical tp Prevent of Striae Gravidarum in The Second Trimester of Pregnancy. Jurnal Riset Kesehatan Vol.4 No.2

Kartikasari novria putri citra. (2015). Pengaruh Proporsi Pati Bengkuang Dan Tepung Kentang Terhadap Hasil Jadi Measker Untuk Perawatan Kulit Wajah Flek Hitam Bekas Jerawat. E-Joernal, Volume 04 Nomer 01 Tahun 2015, Edisi Yudisium Periode Februari 2015.

Manuaba IBG, Manuaba IAC, Manuaba IBGF. 2010. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan Dan KB Untuk Pendidikan Bidan Edisi 2. Jakarta: EGC

Naviri. 2011. Buku Pintar Ibu Hamil. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Romsai. 2009. Prevalence and risk factors of striae gravidarum in primiparae. Thai journal of obstetrichs gynaecology, Volume 17, Apri 2009

Saifuddin, Abbdul Bari. 2009. ilmu kebidanan Sarwono Prawirohardjo.. Jakarta : Pt Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo Saifuddin, Abdul Bari. 2013. Ilmu Kebidanan Sarwono Prawirohardjo. Jakarta : PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Sari dan Setyowati. (2014). Pengaruh Masker Jagung Dan Minyak Zaitun Terhadap Perawatan Kulit Wajah. Journal Of Beauty And Beauty Health Education.

Susilawati dan Julia. (2017). Pengaruh Pemberian Minyak Zaitun Terhadap Kejadian Striae Gravidarum Pada Ibu Hamil. Jurnal Kesehatan, Volume VIII, Nomor 1, April 2017

Yohana,dkk 2011. Asuhan kebidanan. Jakarta PT Bima Pustaka Sarwono.




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/mchc.v2i1.1038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Maternal Child Health Care
Published by Midwifery Department
Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia

© Maternal Child Health Care   e-ISSN : 2686-0007  ISSN : 2686-4665