PENGARUH BABY SPA TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR DAN MOTORIK HALUS PADA BAYI USIA 3-6 BULAN

Wahyuni Wahyuni, Rofiana Rofiana

Abstract


Aspek tumbuh kembang pada anak dewasa ini adalah salah satu aspek yang diperhatikan secara serius oleh para pakar, karena hal tersebut merupakan aspek yang menjelaskan mengenai proses pembentukan seseorang, baik secara fisik maupun psikososial. Proses tumbuh kembang anak memang dapat berlangsung secara alamiah, akan tetapi proses tersebut sangat tergantung kepada orang dewasa atau orang tua. (Dewi, 2012). Jenis penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment design, dengan rancangan pretest posttest with control group design. Dalam rancangan ini peneliti membandingkan antar kelompok eksperimen yang telah diberikan intervensi dengan kelompok pembanding yang tidak di berikan intervensi (Notoatmodjo, 2012) Hasil penelitian didapatkan perbedaan perkembangan motorik kasar pada kelompok intervensi adalah p-value 0,034 (p0,05). Perbedaan perkembangan motorik halus pada kelompok kontrol adalah p-value 0,810 (p>0,05). Perbedaan perkembangan motorik kasar kelompok intervensi dan kelompok kontrol didapatkan nilai p-value 0,034 (P< 0,05). Perbedaan perkembangan motorik halus kelompok intervensi dan kelompok kontrol didapatkan nilai p-value 0,043 (P< 0,05) Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada pengaruh baby spa terhadap perkembangan motorik kasar dan motorik halus pada bayi usia 3-6 bulan di BPS Bunda Bukittinggi. Upaya yang harus dilakukan adalah memberikan stimulasi perkembangan sesuai dengan tahapan usia


Full Text:

PDF

References


Ambarwati, Fitri Respati, dan Nita Nasution. 2012. Buku Pintar Asuhan Keperawatan Bayi & Balita. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu.

Andini, Miftah, Riri Novayelinda, dan Gamya Tri Utami. Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Perkembangan Neonatus. JOM PSIK, hal 1-9. Pekanbaru.

Budi, Unggul, Fitriani Nur Damayanti, dan Siti Nurjanah. Pengaruh Baby SPA Tehadap Perkembangan Motorik Kasar pada Bayi Usia 3-6 Bulan di MOM’ME Organic Baby and Kids Spa Kota Semarang, hal. 36-39. Semarang.

Christiari, Ayu Yuniko, Ramzi Syamlan dan Irawan Fajar Kusuma. 2013. Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Stimulasi Dini dengan Perkembangan Motorik pada Anak Usia 6-24 Bulan di Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Jurnal Pustaka Kesehatan, vol 1 (no. 1). Jember.

Dewi, Siska. ed. 2012. Pijat dan Asupan Gizi Tepat. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Dewi, Vivian Nanny Lia. 2010. Asuhan Neonatus, Bayi dan Anak Balita. Jakarta: Salemba Medika.

Erin, Dwi. 2016. Perbandingan Hasil Skrining Deteksi Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah Antara Metode Pemeriksaan KPSP(Kuesioner Praskrining Perkembangan) dengan Denver II di Wilayah Kerja Puskesma Kota Metro. Jurnal Kesehatan. Bandar Lampung.

Indiarti, M. T. ed. 2007. A To Z The Golden Age. Yogyakarta: ANDI . ed. 2008. 1 Tahun Pertama Bayi Anda. Yogyakarta: Elmatra Publishing.

ed. 2008. Smart Baby. Yogyakarta: Pyramid Publisher. . ed. 2009. Your Baby, Day by Day – Perkembangan Bayi Sehat 0-3 Tahun. Yogyakarta: ANDI.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Purwandari, Haryatiningsih, Wastu Adi Mulyo, dan Suryanto. 2014. Perkembangan Balita. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ratih, Iskarima. 2008. Buku PintarPerawatan Bayi dan Anak Usia Emas. Yogyakarta: Gala Ilmu Semesta.

Saurina, Nia. 2015. Apalikasi Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia Nol Hingga Enam Tahun Berbasis Android. Jurnal Buana Informatika, hal 65- 74. Surabaya.

Sulistyawati, Ari. 2014. Deteksi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Sumanto, Agus. 2008. Manfaat dan Terapi Air. Jakarta: Cahaya Medika.

Syaukani, Aulia. ed. 2015. Petunjuk Praktis Pijat Senam & Yoga Sehat untuk Bayi. Yogyakarta: Araska

Tim Galenia MCC. 2014. Home Baby SPA. Jakarta: Penerbit Plus+.

Widodo, Agus, dan Isnaini Herawati. 2008. Efektifitas Massage Efflurage Terhadap Perkembangan Gross Motoric pada Bayi Usia 3-4 Bulan. Jurnal Kesehatan, hal. 67-72. Surakarta.

Wratsongko, Madyo, dan Trianggoro Budisulistyo. 2008. Membentuk Anak Sehat dan Cerdas dengan Pijat Getar Saraf. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Yahya, Nadjibah. ed. 2011. SPA Bayi & Anak. Solo: Tiga Serangkai.

Yusuf, Syamsu. 2005. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Thahjani, Ely. 2014. Riwayat Berat Bayi Lahir (BBL) dan Status Gizi dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah.

Wayanti, Sri. 2016. Faktor Pendapatan dan Pendidikan Keluarga Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, hal 52-59. Surabaya.

Novianti, Ayi. 2015. Hubungan Prematuritas dengan Perkembangan Anak umur 1-3 Tahun di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito. Yogyakarta. Jurnal Kesehatan. Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/mchc.v2i2.1045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Maternal Child Health Care
Published by Midwifery Department
Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia

© Maternal Child Health Care   e-ISSN : 2686-0007  ISSN : 2686-4665