TINGKAT PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG MANFAAT MOBILISASI DINI DI BLUD RSUD KOTA BAUBAU

Nesya Jeni Samrida Wa Ode

Abstract


Abstrak

Ibu nifas diruang bersalin BLUD RSUD Kota Baubau, ditemukan masih banyak yang tidak segera melakukan mobilisasi pasca persalinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan Ibu Nifas tentang Manfaat Mobilisasi Dini di BLUD RSUD Kota Baubau.

Metode penelitian yang di gunakan yaitu deskriptif survey dengan desain cross sectional yaitu mengunakan data dalam satu kurun waktu,dengan sampel sejumlah 77 ibu nifas .

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 77 responden yang memiliki tingkat pengetahuan tahu baik terdapat 22 ibu nifas sebanyak (28,5%) dan tingkat pengetahuan tahu kurang terdapat 55 ibu nifas sebanyak (71,4%), tingkat pengetahuan memahami baik terdapat 25 ibu nifas sebanyak (32,4%) dan tingkat pengetahuan memahami kurang terdapat 52 ibu nifas sebanyak (67,5%), tingkat pengetahuan aplikasi baik terdapat 28 ibu nifas sebanyak (36,3%) dan tingkat pengetahuan aplikasi kurang terdapat 49 ibu nifas sebanyak (63,6%) .

Simpulan hasil penelitian ini “Tingkat Pengetahuan Tahu, Memahami, Aplikasi” mayoritas ibu nifas tentang manfaat mobilisasi dini masih kurang .


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32883/mchc.v5i1.2408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Maternal Child Health Care
Published by Midwifery Department
Universitas Fort de Kock Bukittinggi, Indonesia

© Maternal Child Health Care   e-ISSN : 2686-0007  ISSN : 2686-4665