PENGARUH BENTUK CAVUS FOOT TERHADAP POLA JALAN PADA ANAK SDN 11 KOTO BESAR

Siti Munawarah, Rindu Febriyeni Utami

Abstract


Kaki berfungsi sebagai penyokong berat badan dan sebagai pengungkit untuk memajukan tubuh sewaktu berjalan dan berlari. Arkus pedis memiliki fungsi untuk membantu efisien fungsi kaki. Arkus pedis terdiri dari normal foot, flat foot, dan cavus foot. Prevalensi kaki cavus di dunia dilaporkan 10%-25% dari populasi atau sama umum dengan kaki rata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan bentuk arcus pedis (cavus foot) terhadap pola jalan pada anak. Desain penelitian ini adalah Quasi- eksperiment dengan pendekatan pretest-posttest group design. Populasi dalam penelitian ini siswa-siswi SD sebanyak 56 orang, sampel dalam penelitian ini adalah 10 orang anak yang memiliki arcus pedis normal foot dan 10 orang anak yang memiliki arcus pedis cavus foot. Teknik dalam pengambilan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling,yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan pemeriksaan arcus pedis dan pemeriksaan pola jalan (stride length, step length, cadence, dan speed) pada anak didapatkan α 0,0005 artinya terdapat perbedaan pada pemeriksaan pola jalan step length, cadence, dan speed pada normal foot dan cavus foot dan α 0,102 artinya tidak terdapat perbedaan pola jalan stride length pada normal foot dan cavus foot. Normal foot memiliki nilai stride length, step  length,  cadence  dan  speed  yang  lebih  baik  daripada  cavus  foot  dan  terdapat perbedaan pola jalan step length, cadence dan speed pada anak. Untuk mencegah terjadinya kelainan pada arcus, anak dapat memakai alas kaki yang dimodifikasi agar lengkungan pada kaki anak tetap normal.


Full Text:

PDF

References


Antar, N. K. A. J., Nugraha, M. H. S., & Dewi, A. A. N. T. N. (2019). Pelayanan Fisioterapi Pemeriksaan Bentuk Arkus Pedis (Normal Foot, Flat Foot, Dan Cavus Foot) Dan Pe meriksaan Pola Berjalan (Stride Length, Step Length, Cadence, Dan Speed) Pada Anak Di SDN 8 Dauh Puri Denpasar. 18(59), 85–92.

Amirullah, M., Andar, E., & Putra, F. (2016). Hubungan Struktur Pedis Dengan Kecepatan Lari 60 Meter Pada Siswa Sma Negeri 3 Semarang. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 5(4).

Cahyaningrum, Hapsari. (2016). Perbedaan Gait Parameter Pada Kondisi Flexible Flat Foot Dan Arkus Kaki Normal Anak Usia 11-13 Tahun Di SD Negeri 3 Cepu. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Choi, J. K., et al. (2015). Effects of custom-made insoles on idiopathic pes cavus foot during walking. Bio-Medical Materials and Engineering, 26, S705–S715. Diakses dari https://doi.org/10.3233/BME-151362

Firdiansyah, Ockta. (2015). Hubungan Arcus Pedis Dengan Kelincahan Motorik Pada Anak Usia 3 - 4 Tahun. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Kharb, A., et al.. (2011). A Review Of Gait Cycle And Its Parameters. Ijcem Int J Comput Eng Manag, 13(July), 78–83. Diakses dari Https://Doi.Org/10.1007/3-540-49384-0_1

Karandagh, M.M., Balochi, R & Soheily, S. (2015). Comparison of Kinematic Gait Parameter in the 16-18 years Old Male Studients with the Flat and Normal Foot. Indian Journal of Fundamental and Applied Life Sciences ISSN. Vol 5: 5165-5172.

Neumann, D. A. (2010). Kinesiology of the Musculoskeletal System: Foundations for Rehabilitation. In Kinesiology of the Musculoskeletal System_Reprint (Vol. 14).

Nurohman, M. A. (2017). Hubungan Tinggi lompatan dan Bentuk Arcus Pedis dengan kejadian Sprain Pergelangan Kaki Pada Atlet Bulutangkis yang melakukan Jumping Smash. In Digilibadmin.Unismuh.Ac.Id.

Permana, D. F. W. (2013). Perkembangan Keseimbangan pada Anak Usia 7 s/d 12 Tahun Ditinjau dari Jenis Kelamin. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 3(1).

Permatasari, G., & Winarni, T. (2017). Perbedaan Pengaruh Sepatu Berhak Wedge Dan Non-Wedge Terhadap Gait Dan Keseimbangan. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 6(2).

Sri Surini, Pudjiastuti, Zubaidi, A., & W, S. D. (2012). Penggunaan Medial Arch Support Dan Keseimbangan Dinamis Pada Kondisi Flat Foot. Interest : Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.