MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS TERAKREDITASI DI KOTA PADANG

Rafika Aini, Rima Semiarty, Dien Gusta Anggraini Nursal

Abstract


Akreditasi Puskesmas di Kota Padang dilakukan sejak Tahun 2016 terhadap 5 Puskesmas. Permasalahan ditemui pada data capaian indikator kinerja, jumlah kunjungan pasien rawat jalan dan keselamatan pasien. Penelitian dilakukan di Puksesmas Lubuk Buaya dan Air Tawar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas terakreditasi di Kota Padang. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan desain cross sectional. Analisis data menggunakan metode IPA (Importance Performance Analysis) dan diagram kartesius. Hasil didapatkan bahwa prioritas utama mutu pelayanan kesehatan adalah keamanan pasien saat dokter/perawat melakukan pemeriksaan dan kejelasan waktu pelayanan. Hal ini disebabkan karena penelitian dilakukan saat pandemi covid19 sehingga pasien merasa kurang aman saat dilakukan pemeriksaan. Waktu pelayanan terkait waktu tunggu dan pemeriksaan. Mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Terakreditasi di Kota Padang sudah baik namun perlu dioptimalkan maka perlu dilakukan perbaikan komunikasi dan koordinasi antara sesama staf dan pasien.


Full Text:

PDF

References


Bustami. (2011). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Dinas Kesehatan Kota Padang. (2015, 2016, 2017, 2018, 2019). Laporan Tahunan Dinas Kesehatan Kota Padang. Padang: Dinas Kesehatan Kota Padang.

Kementerian Kesehatan RI. (2013). Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 71 Tahun 2013 tentang Pelayana Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional.

Kementerian Kesehatan RI. (2015). Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 46 Tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi.

Kementerian Kesehatan RI. (2013). Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Kementerian Kesehatan RI. (2015) Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019. No. HK.02.02/MENKES/52/2015, Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Muninjaya, A.A.G. (2014). Manajemen Kesehatan. Jakarta: EGC.

Muninjaya, A. A. G. (2014). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Nursalam. 2014. Manajemen Keperawatan : Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 4. Jakarta. Salemba Medika.

Pohan I. (2006). Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan, Dasar-dasar Pengertian. Jakarta: EGC.

Tjiptono, C. 2016. Service Quality Satisfaction. Yogyakarta.

Tjiptono, F. 2007. Total Quality Management. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v6i1.1090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats