HUBUNGAN KONTRASEPSI HORMONAL TERHADAP SIKLUS MENSTRUASI PADA AKSEPTOR KB DI KELURAHAN KALUMBUK WILAYAH KERJA PUSKESMAS KURANJI PADANG

Titin Ifayanti, Ika Putri Ramadhani, Arfianingsih Dwi Putri

Abstract


Dalam rangka percepatan penurunan angka kematian ibu, salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pelayanan keluarga berencana. kontrasepsi hormonal mempunyai efek samping yaitu dapat mengalami gangguan pola menstruasi, seperti siklus haid yang memendek atau memanjang, perdarahan yang banyak atau sedikit, perdarahan tidak teratur atau perdarahan bercak bahkan tidak menstruasi sama sekali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Kontrasepsi Hormonal Terhadap Siklus Menstruasi Pada Akseptor Kb Di Kelurahan Kalumbuk Wilayah Kerja Puskesmas Kuranji Padang.

Metode Penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional Study. Populasi penelitian ini adalah semua akseptor KB hormonal yang berada di Kelurahan Kalumbuk Wilayah Kerja Puskesmas Kuranji Padang sebanyak 980 orang Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini Proportional Random. Jumlah sampel minimal yang dibutuhkan dalam  penelitian ini adalah 94 responden dimana 14 akseptor KB implant dan 80 akseptor KB suntik yang terdiri dari suntik KB 1 bulan  sebanyak  30 dan KB suntik 3 bulan 50 orang. Analisa data menggunakan Chi Square  dengan nilai kemakanaan 95%.

Hasil penelitian didapatkan mayoritas responden menggunakan kontrasepsi suntik 3 bulan yaitu sebesar 50 (53,1%) dan minoritas responden menggunakan kontrasepsi implant yaitu sebesar 14 orang (14,9 %) responden. Mayoritas siklus menstruasi responden tidak teratur yaitu sebesar 66 orang (70,2 %), dan minoritas siklus menstruasi responden teratur yaitu sebesar 28 orang (29,8 %). Hasil uji statistik diperoleh nilai p =0,001 maka dapat disimpulkan hubungan yang signifikan antara kontrasepsi Hormonal dengan siklus menstruasi akseptor di Wilayah kerja Puskesamas Kuranji Padang tahun 2023.

Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara kontrasepsi Hormonal dengan siklus menstruasi akseptor di Wilayah kerja Puskesamas Kuranji Padang tahun 2023. Disarankan agar tenaga Kesehatan dapat memberikan memberikan Pendidikan Kesehatan trkait dengan efek samping dari alat kontrasepsi hormonal.

Kata kunci : kesiapan psikologis, informasi, dukungan suami, pengalaman


Full Text:

PDF

References


Anggia. (2018). Hubungan lama pemakaian kontrasepsi hormonal dengan gangguan mentruasi di Bidan Praktek Swasta Sri Nirmala. Kebidanan Dan Keperawatan , 9.

Dinas Kesehatan Kota Padang. (2021). Laporan Tahunan Dinas Kesehatan Kota Padang.

Ekawati. (2018). Hubungan KB hormonal terhadap peuahan siklus menstruasi di BPS Siti Syamsiyah Wonokarto Wonogiri.

Fitria. (2018). Hubungan Penggunaan Kontrasepsi Kb Suntik Dengan Perubahan Siklus Menstruasi Di Desa Berandang Kecamatan Lawe Sumur Kabupaten Aceh Tenggara. Ners Nurul Hasanah, 8, 177–191.

Hakim. (2018). Nifas, Kontrasepsi Terkini, dan Keluarga Berencana. Gosyen Publishing.

Harismi. (2019). Keluarga Berencana dan Kontrasepsi. Pustaka Sinar Harapan.

Irianto. (2017). Pelayananan Keluarga Berencana, Dua Anak Cukup. Alfabeta.

Manuaba. (2017). Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan, dan KB Untuk Pendidikan Bidan. EGC.

Octasari. (2017). Pengaruh Penggunaan Kontrasepsi Suntik Terhadap Siklus Menstruasi Dan Kenaikan TekananDarah Pada Akseptor KeluargaBerencana Di Puskesmas Kecamatan SukodonoKabupaten Sragen. UMS.

Prawirohardjo. (2017). Ilmu Kebidanan. Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawiroharjo.

Saifuddin, A. B. (2018). Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Yayasan Bina Pustaka.

Sarwono. (2017). Keluarga Berencana Untuk Paramedis dan Nonmedis. Yrama Widia.

Siswosudarno. (2017). Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Sulistiyawati. (2017). Pelayanan Keluarga Berencana. Salemba Medika.

Survei Demokrasi dan Kesehatan Indonesia. (2019). Laporan Survei Demokrasi dan Kesehatan Indonesia.

Wiknjosastro H. (2017). Ilmu Kebidanan (4th ed.). Yayasan Bina Pustaka.

World Health Organisation (WHO). (2019). World Health Staatistics. Kematian Bayi Karena Tetanus.




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v9i2.2966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats