PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PELANGGAN DALAM MEMILIH RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA PADANG TAHUN 2012
Abstract
Proses keputusan untuk memilih rawat inap bagi pelanggan bukanlah hal yang mudah. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk rawat inap di suatu rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pelanggan (pasien) dalam memilih rawat inap di Rumah Sakit Ibnu Sina Padang tahun 2012.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode field survey. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Ibnu Sina pada bulan Januari dan Februari 2012. Data primer dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuisioner yang kemudian diolah dengan regresi linier berganda dalam metode enter, dimana hasil yang tidak signifikan dikeluarkan satu-persatu sampai mendapatkan variabel yang paling signifikan mempengaruhi keputusan untuk memilih dirawat inap di Rumah Sakit Ibnu Sina.
Pada penelitian ini didapatkan bahwa semua variable bauran pemasaran mempengaruhi keputusan memilih sebesar 80,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh sebab lain yang tidak ikut diteliti. Namun dari ketujuh variabel pemasaran yang diuji, ada 3 (tiga) variabel yang sangat mempengaruhi pelanggan dalam memilih. variabel tersebut, yaitu: price, people, dan physical evidence. Diharapkan kepada Rumah Sakit Ibnu Sina Padang untuk menurunkan biaya layanan bagi pasien sesuai dengan staus sosial ekonomi masyarakat disekitar wilayah Rumah Sakit dan meningkatkan kualitas bukti fisik layanan kesehatan seperti peralatan yang representatif, interior bangunan yang asri, eksterior bangunan, fasilitas parkir, kantin, bank, dan jaminan keamanan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2010 Peraturan Kementrian Kesehatan Indonesia. Jakarta.
Setiawan, S. 2011. Loyalitas Pelanggan Jasa, Studi Kasus Bagaimana Rumah Sakit Mengelola Loyalitas Pelanggannya, IPB Press. Bogor.
Hartono,B. 2010. Manajemen Pemasaran Untuk Rumah Sakit. Rineka Cipta. Jakarta.
Kottler & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran jilid 1 dan 2 . Erlangga. Jakarta.
Setiawan, S. 2010. Loyalitas Pelanggan Jasa , Studi Kasus Bagaimana Rumah Sakit Mengelola Loyalitas Pelanggannya, IPB Press. Bogor.
Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Padang. 2001. Rencana Program Kerja Anggaran Pendapatan Dan Biaya Yarsi Sumbar Tahun 2011. Padang.
Alma, Buchari & Hurriyati, Ratih. 2008. Manajemen corporate dan strategi pemasaran jasa pendidikan. Alfabeta, Bandung.
Supriyanto.MS.E & Ernawati. 2010. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Penerbit. Jogyakarta.
Lupiyoadi, H. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v5i1.622
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798