HUBUNGAN OUTCOME QUALITY, INTERACTION QUALITY, PEER-TO-PEER QUALITY , HOSPITAL BRAND IMAGE, KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN

Tessa Safitri, Ratni Prima Lita, Abdi Setia Putra

Abstract


Pada saat ini rumah sakit dihadapkan pada peningkatan persaingan dalam mempertahankan loyalitas pasien. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah rumah sakit baik pemerintah dan swasta, termasuk di Kota padang. Kunjungan berulang pasien di Semen Padang Hospital menurun jika dibandingkan dari tahun 2014 sampai dengan 2016, namun pada 2017 meningkat tapi dengan persentase yang tidak banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan outcome quality, interaction quality, peer to peer quality, hospital brand image, kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien poli rawat jalan Semen Padang Hospital. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan cross sectional secara kuantitatif, dengan sampel 165 orang pasien poli rawat jalan Semen Padang Hospital. metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Penelitian ini dilakukan pada April 2016 sampai Juli 2018. Analisis data dilakukan dengan teknik analisa indeks dan analisa Structural Equation Modelling- Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan aplikasi SmartPLS 2.0 m3.Hasil penelitian menunjukkan bahwa outcome quality dan interaction quality mempengaruhi kepuasan pasien secara signifikan, namun tidak diperngaruhi signifikan oleh peer-to-peer quality. Secara keseluruhan kepuasan pasien dipengaruhi oleh outcome quality, peer-to-peer quality dan interaction quality dengan R-Square 0,45. Hospital brand image dan kepuasan pasien juga dibuktikan mempengaruhi loyalitas pasien secara signifikan dengan R-Square 0,26.


Keywords


outcome quality, interaction quality, peer to peer quality, hospital brand image, kepuasan pasien, loyalitas pasien

Full Text:

PDF

References


Alfian, B. 2012. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kidjang Inova Pada PT. Hadji Kalla Cabang Polman. Makasar : Skripsi Universitas Hasanuddin. 96 hal.

Andina. S.F. 2012. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Loyalitas Pasien Poliklinik Rawat Jalan Eksekutif RSUD Kota Bekasi tahun 2012. Skripsi. Jakarta : Universitas Indonesia

Arab, M, Tabatabaei, SM, Rashidian, A, Forushani, AR, & Zarei, E, 2012, “The Effect of Service Quality on Patient Loyalty : a Study of Private Hospital in Tehran, Iran”, Iranian Journal Public Health, Vol. 41, No. 9, hh. 71-77

Baig, AJ & Batavia, AR, 2014. Impact of customer Satisfaction, Brand Image and Advertisement on Brand Loyalty of “Sting (Energy Drink)” with Special Focus on Karachi, European Journal of Business and Management, Vol.6, No.37, hh. 49-66.

Chang, C.W., T.H. Tseng., Woodside, A. 2013. Configural Algorithms of Patient satisfaction, Participation in Diagnostics, and treatment Decision’s influence on Hospital Loyalty. Journal of Service Marketing. 27(2) : 91 -103

Chen, CF & Kao, YL. 2009. Relationships between process quality, outcome quality, satisfaction, and behavioral intentions for online travel agancies – evidence from Taiwan. The Services industries Jurnal. Vol 00, No. 0, hh 1-12

Choi, BJ & Kim, HS, 2012. The Impact of Outcome Quality, Interaction Quality and Peer to Peer Quality on Customer Satisfaction with a Hospital Services. Jurnal Managing Service Quality, Vol. 23, No. 3, hh. 188-204

Company Profile Semen Padang Hospital. 2015

Devi, S.A. 2017. Analisis pengaruh Outcome Quality, Interaction Quality, Peer-to-peer Quality terhadap Kepuasan dan Loyalitas pasien Pelanggan Larissa Aesthetic Center Jl.C Simanjuntak. Skripsi. Universitas Islam Indonesia

Ferdinand, A.T. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haffizurrachman, 2004, Kepuasan Pasien dan Kunjungan Rumah Sakit”, Jurnal Kesehatan Masyarakat nasional, Vol. 4, No.1, hh. 10-17

Hair, J.F., G.T.M Hult., C.M Ringle., M. Sarstedt. 2017. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Models (PLS-SEM). 2nd Edition. USA and Three Others : Sage.

Hsieh, YC dan Hiang, ST, 2004. A study of the Impact of Service Quality on Relationship Quality in Search Experiennce Credence Services. Jurnal Total Quality Management and Business Excellence. Vol. 15, hh. 43-58

Kim, KH, Jeon, BJ, Jung, HS, Lu, W, & Jones, J, 2012, “Effective Employment Brand Equity through Sustainable Competitive Advantage, Marketing Strategy and Corporate Image, Jurnal of Business Research, Vol. 65, hh. 1612-1617.

Lemke, F., M. Clark., H. Wilson. 2011. Customer Experience Quality : N Exploratory in Business and Context Using Reportory Grid Technique. Journal of the Academy of marketing Science. 39 : 846-869.

Lestari, M.W., Yulianthini, N.N., Suwendra, I.W. 2016. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Inap. E-Journal Bisma Universitas pendidikan Ganesha. Vol.4

Noverita, D. 2012. “Pengaruh Outcome Quality, Interaction Quality, Peer_to_peer Quality dan Customer Satisfaction terhadap Customer Loyalty”, Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol. 14, No.2a, hh. 59-68

Onasie, NP. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel Bintang Lima Pekanbaru. Jom Fekon Vol 2, No.1. 1-15

Ratri, LE, 2007, Hubungan Antara Citra Merek (Brand Image)Operator Seluler dengan Loyalitas Merek (Brand Loyalty) pada Mahasiswa Pengguna Telepon Seluler di Fakultas Ekonomi Reguler, Universitas Diponegoro, Skripsi S1 Psikologi, Universitas Diponegoro.

Rha, J,Y dan Rhee, S.K. 2008. Service Quality and customer Satisfaction in the Public Sector : Analyzing the relationship between process quality, outcome quality and customer satisfaction. Journal Service Management. 9(1) : 181-205.

Sekaran, Uma. 2009. Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta : Salemba Empat

Senjaya, V., Hutane,S.,Diah,D. 2013. Pengaruh Cutomer Experience Quality terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyality di Kafe Excelso Tanjung plaza Surabaya. Jurnal Manajemen pemasaran petra. Vol.1 No1, hal 1-15.

Suharmiati & Budijanto, D. 2007. Analisis Faktor-fakto yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasa Responden Pengguna Rawat Jalan Rumah Sakit Pemerintah di Indonesia. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. Vol 10, No.2. 123-130

Sumaedi, S, Bakti, Y, Rahmawati, T, Astrini, NJ, Widianti, T & Yarmen, M 2014, “The Empirical Study on Patient Loyalty”, Clinical Governance : An International Journal, vol 19, no. 3, hh. 269-281

Tjiptono, F. 2015. Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta : Andi

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 44 tahun 2009, tentang Rumah Sakit.

Widadi R.H., Wadji, F. 2015. Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Loyalitas Pelanggan Klinik Saraf Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr.R.M Soedjarwadi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya. Vol. 17. No.1.

Wu, CC, 2011, “The Impact of Hospital Brand Image on Service quality, Patient Satisfaction and Loyalty”, African Journal of Business Management, Bol. 5, No. 12, hh. 4873-4882




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v5i1.631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats