Analisis Pemberdayaan Masyarakat dalam Pelaksaanan Program Posyndu Lansia di Kota Sungai Penuh tahun 2020

Sunya Suherman

Abstract


ABSTRAK

 

Kota Sungai Penuh memiliki  Cakupan pelayanan kesehatan usia lanjut menurut jenis kelamin, kecamatan, dan puskesmas yaitu sebanyak 53,11 % tahun 2018. Jumlah lansia dari umur 45-70 tahun ke atas di Kota Sungai Penuh Sebanyak 26.458 jiwa dengan jumlah lansia yang mendapatkan pelayanan sebanyak 22.248 (84,08%). Tujuan penelitian untuk menganalisis Pemberdayaan Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Posyandu Lansia di Kota Sungai Penuh Tahun 2020.

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan wawacara mendalam. Informan dalam penelitian ini adalah sebanyak 13 orang yang di ambil secara Purposive Sampling.

Hasil penelitian wawancara mendalam, didapatkan dari input bahwa kebijakan sudah ada dan terlaksana, SDM Sudah cukup memadai, sarana dan prasarana untuk tempat sudah memadai, tetapi sebagian puskesmas mengeluhkan keterbatasan alat-alat kesehatan, dan untuk pendanaan disediakan dari APBD dan BOK. Pada proses pelaksanaan sudah berjalan dengan bagus, monitoring untuk kerjasama lintas sektoral sebagian masih belum tampak, dan evaluasi tidak ada hambatan hanya saja dari lansia kurang dukungan keluarga. Pada output sudah terlaksananya program posyandu lansia hanya belum maksimal.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa pelaksanaan pemberdayaan masyarakat dalam program posyandu lansia cukup baik tetapi belum maksimal. Saran untuk lintas sektoral harus ikut sertaan agar dapat membuat masyarakat berdaya terutama untuk lansia agar lebih hidup sehat dan sejahtera.

 

Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Posyandu Lansia, Lintas Sektoral

Daftar Bacaan : 11 (2013-2019)


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v8i1.973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 HUMAN CARE JOURNAL
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Human Care Journal  e-ISSN : 2528-665X P-ISSN : 2685-5798

View Human Care Journal Stats