BEDA PENGARUH ISOMETRIC HANDGRIP EXERCISE DAN SLOW DEEP BREATHING EXERCISE TERHADAP TEKANAN DARAH LANSIA HIPERTENSI DI PUSKESMAS PANGKALAN

Reza Olyverdi, Siti Munawaroh, Visy Yulia Putri

Abstract


Lanjut usia adalah seseorang yang telah berusia 60 tahun keatas. Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular (PTM) yeng memiliki prevalensi tinggi. Terapi non farmakologis merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam mengendalikan tekanan darah pada penderita hipertensi. Terapi non farmakologis ialah meningkatkan aktivitas fisik dan latihan pernapasan dalam lambat.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beda pengaruh pemberian Isometric Handgrip Exercise dan Slow Deep Breathing Exercise terhadap penurunan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi di puskesmas kec. Pangkalan koto baru 2021.Jenis  penelitian Quasi Experimental dengan rancangan penelitian Two Group Pretest Postest. Alat ukur tekanan darah adalah Sphygmomano meter, Stetoskop Gea SP-200. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah 30 responden dengan 2 kelompok perlakuan. Responden diberikan intervensi selama 3 menit untuk intervensi Isometric Handgrip Exercise dan 6x/menit dengan istirahat 10 detik  selama durasi 15 menit pengontrolan pernafasan untuk Slow Deep Breathing Exercise penurunan tekanan darah.Analisis data ini menggunkan uji statistic Wilcoxon. Hasil uji analisis data didapatkan adanya pengaruh Isometric Handgrip Exercise nilai p value 0,001<α(0,05) dan Slow Deep Breathing Exercise dalam menurunkan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi p value 0,002<α(0,05).Dari hasil penelitan membuktikan p value = 0,064>α(0,05) artinya Ho diterima, yang berarti bahwa tidak ada perbedaan pemberian latihan Isometric Handgrip dan Slow Deep Breathing terhadap penurunan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi di Puskesmas Kec. Pangkalan Koto Baru


Full Text:

PDF

References


Ariyani, A. M. (2014). Lansia Di Panti Werdha ( Studi Deskriptif Mengenai Proses Adaptasi Lansia Di Panti Werdha Hargo Dedali Surabaya ). 1–13.

Andri, J., Waluyo, A., Jumaiyah, W., & Nastashia, D. (2018). Efektivitas Isometric Handgrip Exercise dan Slow Deep Breathing Exercise terhadap Perubahan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi. Jurnal Keperawatan Silampari, 2(1), 371–384.

Azhari, R. (2019). Pengaruh Slow Deep Breathing Terhadap Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Puskesmas Simpang IV Sipin Kota Jambi. Riset Informasi Kesehatan, 7(2), 155.

Cristanty, M. (n.d.). Studi Komunikasi Interpersonal Antara Perawat Dengan Lansia Di Panti Lansia Santa Anna Teluk Gong Jakarta. 170–178.

Iswahyuni, S. (2017). Hubungan Antara Aktifitas Fisik Dan Hipertensi Pada Lansia. Profesi (Profesional Islam) : Media Publikasi Penelitian, 14(2), 1.

Kuswarhani, R. T. (2006). Tinjauan pustaka PENATALAKSANAAN HIPERTENSI PADA LANJUT US1A RA Tuty Kuswardhani Divisi Geriatri Bagian Penyakit Dalam FK . Unud , RSUP Sanglah Denpasar. Penatalaksanaan Hipertensi Pada Lanjut Usia, 7(Jnc Vi), 135–140.

Ningsih1, R. W., & Setyowati2, S. (1377). hubungan Tingkat Kesepian dengan Kualitas Hidup pada Lansia di Posyandu Lansia Dusun Karet Yogyakarta. 68–70.

Notoatmodjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nuranif, A. H. (2016). Asuhan Keperawatan Praktis (jilid 1). jogyakarta: mediaction jogja

Parida Hanum1, Rahayu Lubis2, R. (2018). HUBUNGAN KARAKTERISTIK DAN DUKUNGAN KELUARGA LANSIA DENGAN KEJADIAN STROKE PADA LANSIA HIPERTENSI DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT HAJI ADAM MALIK MEDAN Parida. 3(1), 72–88.

Reza Olyverdi, Yemima Maidona.2018. Pengaruh Pemberian Senam Tai Chi Terhadap Peningkatan Activity Of Daily Living Pada Lansia Dipanti Sosial Tresna Werdha Ksi Batusangkar Tahun 2018. Journal Menara Ilmu

Sutanto. (2011). Cekal Penyakit Modern; Hipertensi, Stroke, Jantung, Kolesterol Dan Diabetes.

Sugiarti, Ely Tjahjani, and Rachel Dwi Wilujeng. (2018). "Penderita, Pada, Hipertensi Di, Posyandu Lansia, and Kelurahan Dukuh." 05(Mei).

Vitahealth. (2006). hipertensi. 250.

Yasril, Abdi Iswahyudi, Mellissa Aprilia Putri, Ani Idahyanti, Program Studi, Ilmu Kesehatan, and Universitas Fort De Kock. (2020). “TEKANAN DARAH DI PADANG GAMUAK KELURAHAN TAROK DIPO TAHUN 2020.” 1(2):77–88.

Yovita & Yohana. (2012). Therapy Herbal Berbagai Penyakit. Jakarta: Eska Media.

Zainuddin, R. N., & Labdullah, P. (2020). Efektivitas Isometric Handgrip Exercise dalam Menurunkan Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 12(2), 615–624.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Physio Move Journal (PMJ) | No. e-ISSN 2987-2456
Published by Program Studi Fisioterapi
Universitas Fort De Kock,
Bukittinggi, Indonesia