LITERATURE REVIEW: HUBUNGAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DENGAN KEJADIAN KECELAKAAN KERJA DI SEKTOR KONSTRUKSI

Firda Maulia Rizqa, Friska Ayu, Abdul Hakim Zakkiy Fasya, Satriya Wijaya

Abstract


Setiap tempat kerja memiliki potensi terjadinya kecelakaan kerja. Menurut Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ketenagakerjaan menyatakan kecelakaan terbesar terjadi bidang manufaktur dan konstruksi sebanyak 63,6%. Kecelakaan kerja sering terjadi dikarenakan para pekerja tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) dengan baik. Tujuan Literature Review untuk menggambarkan hubungan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) dengan kejadian kecelakaan kerja di sektor konstruksi.

Pada penelitian ini terdapat 2 sumber pencarian jurnal dari google scholar dan pubmed dengan kata kunci penggunaan (APD) dengan kejadian kecelakaan kerja di sektor konstruksi. Hasil screening menunjukkan, terdapat 10 jurnal yang relevan. Metode penelitian yang digunakan dari 10 jurnal 7 diantaranya menggunakan metode kuantitatif, 1 jurnal menggunakan literature review, 1 jurnal menggunakan menggunakan kuantitatif, dan 1 jurnal menggunakan Explanatory Research.

Hasil review menunjukkan, dari 10 jurnal terdapat 6 jurnal yang berhubungan terkait penggunaan (APD) dengan kejadian kecelakaan kerja di sektor konstruksi, faktor yang berhubungan antara penggunaan (APD) dengan kejadian kecelakaan kerja yakni antropometri tubuh,APD yang disediakan tidak sesuai kebutuhan, dan rendahnya pengetahuan tentang penggunan (APD). Terdapat 4 jurnal yang tidak memiliki hubungan penggunaan (APD) dengan kejadian kecelakaan kerja, hal ini disebabkan pekerja telah memiliki keterampilan dan pengalaman yang cukup baik sehingga potensi bahaya bisa diminimalisir

Hasil studi Literature Review menunjukkan bahwa masih banyak pekerja di sektor konstruksi tidak menggunakan (APD), selain itu angka kecelakaan kerja masih tinggi, sehingga perlu dilakukan sosialisasi terkait pentingnya penggunaan (APD) bagi pekerja, selain itu manajemen perusahaan membuat program penghargaan bagi pekerja disiplin menggunakan (APD).


Full Text:

PDF

References


Organization IL. Meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Pekerja Muda [Internet]. Kantor Perburuhan Internasional , CH- 1211 Geneva 22, Switzerland. 2018. 50 p. Available from: http://www.oit.org/wcmsp5/groups/public/---asia/---ro-bangkok/---ilo-jakarta/documents/publication/wcms_627174.pdf

Santia T. Kecelakaan Kerja Meningkat, Saatnya Industri Indonesia Gunakan Robot [Internet]. www.liputan6.com. 2021 [cited 2022 Jun 20]. Available from: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4491554/kecelakaan-kerja-meningkat-saatnya-industri-indonesia-gunakan-robot

Kementerian PUPR. Safety Construction : Komitmen dan Konsistensi Terapkan SMK3. Kementeri Pekerj Umum dan Perumah Rakyat. 2018;(April):2–35.

Dangga PO. Kajian Faktor – Faktor Penyebab Kecelakaan. Gelagar. 2020;2(2):303–10.

Jatmiko. Pengaruh Pengetahuan Tentang Pengethauan Alat Pelindung Diri ( Apd ) Terhadap Kepatuhan Penggunaanya Oleh Karyawan Produksi Beta Lactam 2 Di Pt . X Effect of Knowledge About Personal Protective Equipment ( Ppe ) on Compliance With the Use of Beta Lactam 2. 2019;1–10.

Suak MC., Kawatu PA., Kolibu FK. Hubungan antara penggunaan alat pelindung diri (Apd) dengan kejadian kecelakaan kerja pada pekerja proyek konstruksi pembangunan gedung baru fakultas hukum universitas sam ratulangi manado. Kesmas. 2018;7(5):1–5.

Putri FA, Suroto, Wahyuni I. Hubungan Antara Pengetahuan, Praktik Penerapan SOP, Praktik Penggunaan APD Dan Komitmen Pekerja dengan Risiko Kecelakaan Kerja Di PT X Tangerang. J Kesehat Masy. 2017;5(3):269–77.

Tampinongkol I, Doda VD, Kaunang WPJ. DENGAN KEJADIAN KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJA PROYEK UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO Kecelakaan kerja adalah suatu kejadian yang tidak diinginkan dan bahkan tidak diduga yang terjadi dalam suatu proses kerja industri ataupun yang berkaitan dengannya yang. 2015;1–8.

Alrizal FF, Choiriyah S, Andri Ifandi R. Analisa Hubungan Lingkungan, APD dan Pengalaman Kerja Terhadap Kecelakaan Kerja pada Fabrikasi Konstruksi Baja Proyek Pabrik Kelapa Sawit. Borneo Eng J Tek Sipil. 2020;4(1):1–12.

Puspa Andini Alydrus M. The Relation Between Knowledge, Attitude, and Behavior The Usage of Personal Protective Equipment With Accident at Work on Pt. X Project Apartment Bekasi Workers. Muhammadiyah Int Public Heal Med Proceeding. 2021;1(1):735–46.

Khaqiiqudin MG, Wahyuni I, Kurniawan B. Relationship Among Characteristic of Workers Housekeeping, Availability and Use Personal Protective Equipment Against Minor Injury Events. J Kesehat Masy FKM UNDIP [Internet]. 2019;7(4):239–45. Available from: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/view/24385

Izudi J, Ninsiima V, Alege JB. Use of Personal Protective Equipment among Building Construction Workers in Kampala, Uganda. J Environ Public Health. 2017;2017(November 2015).

Sehsah R, El-Gilany AH, Ibrahim AM. Personal protective equipment (Ppe) use and its relation to accidents among construction workers. Med del Lav. 2020;111(4):285–95.

Ammad S, Alaloul WS, Saad S, Qureshi AH. Alat Pelindung Diri Dalam Konstruksi , Kecelakaan Yang Terlibat Dalam Infrastruktur Konstruksi Proyek. 2020;(November).




DOI: http://dx.doi.org/10.32883/jph.v9i2.1982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL PUBLIC HEALTH
Published by Universitas Fort De Kock, Bukittinggi, Indonesia
© Jurnal Public Health  P-ISSN : 2407 - 2664