Deskripsi Tingkat Pengetahuan Guru dan Orang Tua Tentang Bullying Pada Anak Usia Prasekolah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, D., & Rahmi, A. (2022). Pandangan Orang Tua Anak Usia Dini Terhadap Bullying atau Perundungan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16808–16814. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5217
Angkur, M. F. M., Alviani Sum, T., & Redy Partus Jaya, P. (2023). Perspektif Orang Tua Tentang Bullying pada Anak. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 302–310. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.2774
Armitage, R. (2021). Bullying in children: impact on child health. BMJ Paediatrics Open, 5(1), e000939. https://doi.org/10.1136/bmjpo-2020-000939
Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 2(3), 93–100. https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.55
Damayanti, R. R., Sumantri, M. S., Dhieni, N., & Karnadi, K. (2021). Guru sebagai Agen of Change dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 960–976. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1602
Dey Putri, L. A., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Keterlibatan Orangtua dan Regulasi Diri terhadap Perilaku Bullying Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 715. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.438
Fanny, F., & Untung, S. (2023). Hubungan Pola Asuh Dengan Komunikasi Interpersonal Pada Remaja. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 799–811. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.183
Handalan, M. A., Herlina, H., & Hasanah, O. (2020). Hubungan Pengetahuan dan Mekanisme Koping Terhadap Tindakan Bullying Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ners Indonesia, 10(2), 204. https://doi.org/10.31258/jni.10.2.204-215
Ivone, I., Tanujaya, K., Angel, A., Erica, E., & ... (2022). Edukasi Guna Pengurangan Dari Dampak Buruk Bullying Dan Hate Speech Di Kalangan Pemuda. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 4(1), 403–409.
Kallman, J., Han, J., & Vanderbilt, D. L. (2021). What is bullying? Clinics in Integrated Care, 5, 100046. https://doi.org/10.1016/j.intcar.2021.100046
Kemdikbud. (2020). Pemerintah Kuatkan Pencegahan dan Penanggulangan Perundungan Anak di Sekolah Dasar. Kemdikbud. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/pemerintah-kuatkan-pencegahan-dan-penanggulangan-perundungan-anak-di-sekolah-dasar-2#
KPAI. (2022). Data Kasus Perlindungan Anak 2021. Bank Data Komisi Perlindungan Anak Indonesia. https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-perlindungan-anak-2021
McCoy, M. L., & Keen, S. M. (2022). Child Abuse and Neglect (3rd Editio). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429356353
Muhopilah, P., & Tentama, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bullying. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 1(2), 99. https://doi.org/10.26555/jptp.v1i2.15132
Nurfadilah, H., Rahman, T., & Sumardi. (2021). Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Bina Tunas Warga Ii Tirtawangunan. Desember, 5(2), 159–167.
Nurrachmah, S. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Dalam Membangun Hubungan Interpersonal Yang Efektif. Jurnal Inovasi Global, 2(2), 265–275. https://doi.org/10.58344/jig.v2i2.60
Pujiati, D., & Wulandari, D. A. (2020). Respect education bagi guru sebagai upaya pencegahan bullying di TK Aisyiyah Busthanul Athfal Kebanggan Banyumas 2020. Seminar Nasional LPPM Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 307–311.
Rachma, A. W. (2022). Upaya Pencegahan Bullying Di Lingkup Sekolah. Jurnal Hukum Dan Pembangunan Ekonomi, 10(2), 241. https://doi.org/10.20961/hpe.v10i2.62837
Sari, P. P., Sumardi, S., & Sima, M. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 157–170.
Sitasari, N. W. (2016). Pengetahuan dan keterampilan guru dalam menangani perilaku bullying. Jurnal Forum Ilmiah Volume, 13(2), 1–11.
Sulaeka, B., & Susanto, R. (2023). Peran dan Strategi Guru dalam Penanaman Nilai Toleransi sebagai Upaya Meminimalisir terjadinya Bullying antar Sesama Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 8(1), 137–143. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/023223jpgi0005
Syajuananda, D. P., & Tirtayani, L. A. (2022). Survei Pengetahuan Guru Mengenai Tindakan Bullying di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 245–254. https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.48857
Ufairah, N. (2020). Bullying Pada Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31234/osf.io/679ht
Usmaedi, U., Sapriya, S., & Mualimah, N. (2021). Optimalisasi Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa Sekolah Dasar. SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum Dan Pengajarannya, 16(1), 100. https://doi.org/10.26858/supremasi.v16i1.20405
Wahyuni, N., Wahyuni, S., & Damanik, S. R. H. (2019). Tingkat Pengetahuan Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Tentang Bullying Di Kota Pekanbaru. Jurnal Ners Indonesia, 9(2), 21. https://doi.org/10.31258/jni.10.1.21-37
Widaningtyas, L., & Sugito, S. (2022). Perspektif Orang Tua dan Guru Mengenai Bullying Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2910–2928. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2313
DOI: http://dx.doi.org/10.32883/rnj.v7i3.3169
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.32883/rnj.v7i3.3169.g1196
Refbacks
- There are currently no refbacks.